Pages

Minggu, 10 April 2011

Algoritma baru Google (sistem penilaian google yang baru)

Sebenarnya saya bukan master SEO tapi mencoba berbagi pengalaman saja, mungkin sudah ada yang tau dan mungkin juga belum ada yang tau alias nggak sadar hehehe. Pertengahan bulan Februari kemarin Google melakukan Perubahan Sistem Algoritma Mesin Pencari, lebih dikenal dengan nama Sistem Algoritma Panda. Minggu terakhir bulan Februari kemarin google melakukan razia ke situs-situs yang berisikan konten copy paste, konten autoblog, situs spam bahkan website yang manual content pun ikut-ikutan kena razia oleh google.

Sistem algoritma google dalam merangking suatu situs pada halaman search engine kini lebih berkualitas, situs yang menyajikan konten fresh (perawan) lebih dinilai ketimbang situs yang mempunyai konten hasil copy paste, jadi google kini akan men deindex situs-situs yang tidak berkualitas tadi.

Saya sudah merasakan sendiri, beberapa situs saya sudah kena deindex oleh google, termasuk Blog IT ini, yang biasanya index di google puluhan juta kini hanya tinggal 5 juta saja, saya akui dulu memang banyak konten blog ini hasil dari copas untuk menembak keyword musiman dan kini semua keyword2 musiman itu sudah di deindex oleh google, bahkan 1 blog saya untuk bermain earning $$$ sudah di baned oleh google hehehehe karena blog tersebut emang serba auto.

Nah bagi anda yang ingin bertahan di mesin pencari google, lebih baik gunakan konten original yang benar-benar masih perawan, google sekarang pintar membedakan mana konten yang masih perawan dan mana yang bukan :D

Untuk mengetahui apakah web/blog kita kena deindex oleh google, saya akan memberikan ciri-cirinya :

Web yang kena deindex akan terlempar dari pencarian halaman pertama google, trafict otomatis akan anjlock
Berdasarkan info yang saya rangkum dari forum dan tulisan master-master seo, kemungkinan yang akan bertengger di Page One google adalah situs-situs pemerintahan, pendidikan dan sejenisnya. Bahasa kerennya google sekarang lebih sayang dengan situs plat merah ketimbang plat hitam hehehhe
Hati-hati untuk yang mempunyai situs autokonten atau rajin update, yang manual update aja kena apalagi yang auto, maksudnya begini jangan terlalu sering update konten di blog, yang biasanya sehari 3-5 artikel usahakan sekarang dua hari 1 artikel saja.
Kalau dulu pemikirannya sering update maka google akan suka, tapi sekarang google akan mengira web kita adalah “content farm” atau peternak konten.
Kalau sudah di deindex kemudian trafict turun anjlok maka siap-siap saja web anda masuk dalam sandbox atau parahnya lagi akan dibanned.

Nah sekarang saya akan berikan tips bagaimana agar terhindar dari kutuka si “Panda” ini

Tulislah konten blog anda dengan bahasa anda sendiri, original bukan edit dari web atau konten orang lain.
Hindari iklan yang berlebihan, google lebih suka web yang hanya berisikan iklan dari product mereka sendiri (adsense)
Social Media Sharing, google lebih menyukai konten blog yang di share di Facebook, twitter dan media sosial lainnya.
Layak masuk majalah atau media cetak, google lebih menyukai penulis asli yang benar-benar profesional
Buang konten jelek di web anda dan mulailah menulis konten yang bermutu dan original.

Semoga tips dan penjelasan diatas bisa membantu….

0 komentar:

Posting Komentar