Pages

Minggu, 10 April 2011

Mengenal Content Management System (CMS)

Perkembangan teknologi akhir-akhir ini memang sangat pesat, terutama dalam dunia pengembangan website. Proses pembuatan sebuah website yang baik bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit. Lihat saja sekarang, banyak sekali bermunculan website/blog yang baru dengan berbagai macam corak dan ragamnya mulai dari website yang sederhana sampai yang kompleks. Pembuatannya juga tidak memerlukan waktu yang lama dan bisa dikerjakan oleh masyarakat secara umum, tengok saja anak SMP saja sudah bisa bikin website, bahkan konon kabarnya gelandanganpun punya website.
Timbul pertanyaan, mengapa sekarang ini website mudah sekali diciptakan, padahal dulu hanya orang-orang yang ahli bahasa web saja yang bisa membuatnya? Jawabannya adalah sebuah sistem yang bernama Content Management System (CMS).
CMS adalah Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster. (ilmukomputer.com)
Penggunaan CMS juga bermacam-macam, berikut diantaranya :
a. Mengelola website pribadi atau lebih dikenal dengan blog
b. Mengelola website perusahaan/bisnis.
c. Portal atau website komunitas.
d. Galeri foto, dan lain sebagainya.
e. Forum.
f. Aplikasi E-Commerce.
g. Dan lain-lain.
Bagi anda yang selama ini kesulitan untuk membuat website pribadi/perusahaan, maka CMS adalah jawabannya.

0 komentar:

Posting Komentar