Pages

Minggu, 10 April 2011

Tips Cara Merawat Baterai Notebook (Laptop)

Notebook / Laptop adalah barang elektronik yang harganya lumayan mahal. Mungkin sebagian besar pengguna komputer dapat memperbaiki sendiri hardware komputer desktop-nya tetapi belum tentu di hardware laptop, notebook atau netbook. Berikut ini saya akan membagi cara-cara merawat baterai notebook atau laptop. Semoga di tips merawat baterai notebook ini dapat membantu agar baterai tidak cepat drop atau rusak.


Jangan menggunakan baterai serta charger yang tidak kompatibel. Jika tidak yakin dengan kompatibilitas baterai atau charger pengganti yang digunakan, hubungi service center atau layanan produsen notebook/laptop tersebut.
Hindari kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan berbagai macam benda yang terbuat dari logam atau metal, seperti koin, clip paper, dan lain sebagainya.
Baterai notebook dapat menjadi panas walau dalam pemakaian normal. Hindari pemakaian notebook yang diletakkan di pangkuan Anda. Selain itu hal ini juga dapat mengganggu kesehatan Anda akibat panas dari laptop / notebook.
Jangan meletakkan notebook di bawah terik sinar matahari atau meletakkannya di dalam mobil saat parkir cukup lama. Hal ini dapat menyebabkan baterai menjadi overheat.
Jaga baterai notebook agar tidak tertekan oleh benda apapun. Jangan sampai baterai notebook terjatuh, terhimpit, terbentur dan lain-lain karena dapat menyebabkan korslet (hubungan arus pendek) sehingga menjadi overheating.
Hindari baterai notebook / laptop basah atau terkena air. Walaupun dapat kembali kering tetapi sirkuit di dalam baterai dapat berkarat dan rentan korslet.
Gunakan baterai notebook / laptop sesuai dengan petunjuk yang ada di buku manual. Charging baterai juga sesuai petunjuk yang ada.
Bila menggunakan notebook / laptop dengan charge terpasang di stop kontak listrik, sebaiknya lepas baterai agar baterai tidak cepat drop.

0 komentar:

Posting Komentar