Pages

Jumat, 26 Agustus 2011

3 Tips Mudah Ini Akan Membuat Blog Anda Lebih Enak Dibaca

Beberapa hari yang lalu saya pernah Googling informasi di internet karena sedang mencari artikel dan informasi seputar pemasangan PABX. Dari hasil Googling saya, didapatkanlah beberapa blog yang menurut saya cukup relevan dengan informasi yang saya cari.

Semua blog tersebut memberikan informasi yang kurang lebih sama saja. Namun, saya akhirnya menutup beberapa blog lain dan hanya ada satu blog yang membuat saya betah dan merasa nyaman untuk membacanya terus.

Mengapa blog tersebut nyaman untuk dibaca? Berikut 3 tips yang digunakan oleh blog tersebut:

1. Mulailah Dengan Cerita

Tips pertama, Anda dapat memulai paragraf pertama blog Anda dengan bercerita.

Secara psikologi, kita mudah larut dalam sebuah cerita. Story telling sangat powerful dalam meng-capture perhatian dari visitor blog Anda. Untuk itu, mulailah blog Anda dengan sebuah cerita relevan yang ditulis di paragraf pertama blog Anda.

Contoh: Anda menulis blog tentang teknik SEO

“Saya baru-baru ini mencoba sebuah eksperimen SEO yang konon dapat meningkatkan SERP blog kita secara cepat, yaitu teknik Linkwheel. Akhirnya, 2 minggu terakhir ini saya pun mencobanya. Dan Anda tahu apa yang terjadi? Read more..”

2. Gunakan Teknik “Paragraf Singkat”

Daripada menulis yang panjang-panjang dalam satu paragraf, lebih baik menulis singkat-singkat dalam paragraf yang pendek.

Idealnya, maksimal dalam satu paragraf adalah sekitar 3 – 4 kalimat (tergantung dari lebar blog dan ukuran font yang digunakan). Bahkan, sisipkanlah beberapa paragraf yang hanya 1 kalimat.

Jika Anda perhatikan, posting ini pun saya ketik dalam format paragraf yang singkat-singkat. Mengapa? Karena paragraf yang panjang hanya akan membuat text wall yang tidak nyaman dibaca.

3. Gunakan Sub-Judul

Ingat aturan ini:
Dalam membaca artikel di Internet, orang selalu dalam keadaan “screening” dahulu sebelum “reading”.

Artinya, mereka tidak akan membaca blog Anda huruf demi huruf dari atas sampai bawah. Mereka akan “screen” dahulu kata-kata mana yang dapat meng-capture perhatian mereka, baru mereka akan membacanya lebih lanjut.

Itulah sebabnya sebaiknya Anda menggunakan sub judul di posting blog Anda. Idealnya, sisipkan sub judul setelah 2 atau 3 paragraf.

Gunakan angka atau bullet list di depan sub judul Anda (contohnya blog ini) lalu jangan lupa membuatnya bold dengan ukuran font yang lebih besar. Hal ini akan membuat perhatian visitor blog Anda tetap terjaga dan membuat mereka lebih nyaman dalam membaca blog Anda.

Saya sendiri banyak menggunakan sub judul di blog saya yang berisi list produk-produk pemadam api dan CCTV, dengan tujuan memudahkan visitor membacanya.

Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar